Selasa, 01 November 2016

Sistem Informasi Keuangan

Manajemen keuangan merupakan bagian yang sangat penting di dalam organisasi. Seluruh elemen organisasi mempunyai kepentingan terhadap sumber daya keuangan tersebut. Dalam hal ini, semua manajer di dalam organisasi memiliki tanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan organisasi. Tidak hanya manajer saja yang berkepentingan dengan keuangan tersebut, pihak-pihak lain seperti megang saham, pemasok, dan pemerinta juga sangat membutuhkan informasi mengenai keuangan yang ada di dalam perusahaan. Oleh karena itu, sumber daya keuangan harus dikelola dengan baik agar dapat menghasilkan informasi yang berkualitas mendukung manajerial dalam mengambil keputusan.


Sistem informasi keuangan bertujuan untuk memberikan informasi kepada personil organisasi dan pihak eksternal mengenai keuangan yang ada di dalam organisasi, baik keuangan bisnis maupun keuangan sebagai pengendalian sumber daya keuangan di dalam organisasi. Informasi yang diberikan biasanya berupa laporan periodik, laporan khusus, serta konunikasi dan saran dari sistem pakar.

Sistem informasi keuangan terdiri dari berbagai sub sistem yang melakukan perkiraan, penganggaran, dan perencanaan keuangan.

Sumber: Buku Sistem Informasi & Konsep Aplikasi
Penulis: Agus Mulyanto

Share this

0 Comment to "Sistem Informasi Keuangan"

Posting Komentar