Sabtu, 12 November 2016

Apa itu bitcoin? mata uang tidak resmi?

Apa itu bitcoin? Dan apa fungsi bitcoin?. Mari kita bahas.. Bitcoin adalah mata uang digital yang tidak terikat ke bank atau pemerintah dan memungkinkan pengguna untuk menghabiskan uang secara anonim(tidak diketahui). Bitcoins sendiri digunakan sebagai sebuah pertukaran mata uang. Koin dapat dibeli dan dijual pada bursa dengan dolar AS atau mata uang lainnya. Nilai mereka sangat fluktuasi(berubah-ubah) dari waktu ke waktu. Pada akhir tahun 2013, 1 bitcoin mampu mencapai puncak harga hingga $1.100 dan sekarang harga bitcoin berada di angka sekitar $600. 


Karena mata uang ini tidak resmi (ilegal), Mata uang ini pernah menarik kemarahan banyak kalangan dalam penegakan hukum dan cyber crime karena sulit untuk dilacak. Karena itulah Bitcoin juga sering digunakan hacker sebagai mata uang pilihan dibalik serangan ransomware. 

Tapi pada bulan september, new york menyetujui atau memberikan lisensi pertama untuk perusahan yang bergerak di bidang bitcoin. 

Lalu bagaimana bitcoin bisa populer?

Pada dasarnya bitcoin adalah baris kode komputer yang ditandatangani secara digital setiap kali mereka berpindah dari satu pemilik ke pemilik berikutnya. Dan karena mata uang dapat digunakan secara anonim, maka bitcoin menjadi populer karena sering digunakan oleh lebertarians, speculator, dan penggemar teknologi. 

Apa bitcoin layak dijadikan investasi untuk uang saya? 

Itu patut dipertanyakan. Sekarang banyak bisnis platform seperti blogging wordpress terlalu banyak menimbun bitcoin di tengah ramainya liputan media terhadap bitcoin. Perusahaan pembayaran bitcoin/bitpay sendiri sudah bekerja sama dengan lebih dari 60.000 perusahaan dan organisasi, sementara jumlah total transaksi Bitcoin telah naik ke lebih dari 200.000 per hari, lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu, menurut Situs dompet bitcoin blockchain.info. Namun, popularitasnya lebih rendah dibandingkan dengan uang tunai dan kartu, dan banyak individu dan bisnis tidak mau menerima Bitcoins sebagai pembayaran. Jadi pikirkan lagi. 

Bagaimana bitcoin disimpan aman

Jika penambang bitcoin melakukan sistem jujur dengan menuangkan daya komputasi langsung ke dompet blockchain, itu tidak jadi masalah. Untuk menghindari pemalsuan bitcoin ataupun pencurian bitcoin, dan perhitungan dilakukan secara global pada setiap transaksi yang dilakukan. Kesalahan yang sering terjadi adalah kecerobohan, seperti melakukan transaksi penukaran bitcoin dengan uang euro atau dolar tanpa keamanan yang ketat, ataupun keamanan dompet yang tidak memadai. 

Bagaimana datangnya bitcoin

Itu masih menjadi misteri. Bitcoin diluncurkan pada tahun 2009 oleh sekelompok orang dibawah naungan satoshi nakamoto. Yang Kemudian disukai oleh sekelompok kecil orang dan menarik perhatian masyarakat luas karena itu uang tidak resmi. Tapi Menurut pendukung itu tidak masalah jika mata uang menuruti logikanya sendiri. 

Siapakah satoshi nakamoto sebenarnya?

Sudah banyak yang berspekulasi tentang identitas nakamoto selama bertahun-tahun. Pada bulan desember, majalah teknologi Wired dan situs Gizmodo keduanya menyimpulkan bahwa seorang ilmuwan komputer asal Australia, ia seorang penemu dan akademik bernama Craig Wright mungkin adalah orang dengan nama samaran nakamoto. Setelah terus menerus muncul spekulasi namun tidak ditemukan bukti-bukti yang kuat. Hingga Pada hari Senin, Wright mengatakan kepada BBC News, Economist dan GQ bahwa ia adalah Nakamoto. Ia meluncurkan bitcoin pada 2009 dengan bantuan orang lain. Wright mengatakan kepada BBC bahwa ia memutuskan untuk mengakui identitasnya untuk menghentikan penyebaran "informasi yang salah" tentang Bitcoin. 

Jika Wright adalah pendiri bitcoin, ia pasti orang yang sangat kaya. Orang akan dengan nama samaran Nakamoto ini diyakini telah mengumpulkan sekitar 1 juta Bitcoins, yang bernilai sekitar $ 450.000.000 jika dikonversikan ke uang tunai.

Share this

0 Comment to "Apa itu bitcoin? mata uang tidak resmi?"

Posting Komentar