Kamis, 03 November 2016

Organisasi Dan Sistem Informasi

Organisasi adalah kumpulan beberapa orang yang bekerja sama dalam melakukan pembagian kerja untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Organisasi dapat juga memiliki arti merancang dan mengalokasikan pekerjaan untuk mencapai tujuan tertentu. Sebuah organisasi biasanya terdiri atas beberapa unsur yang saling terkait untuk mencapai tujuan tertentu. Unsur-unsur tersebut harus bekerja sama untuk membentuk suatu yang utuh. Unsur-unsur organisasi tersebut antara lain.


Orang

Didalam organisasi harus terdapat orang yang bertindak sebagai pemimpin dan dipimpin. Tanpa adanya pemimpin, organisasi tersebut tidak dapat berjalan sesuai dengan tujuan organisasi karena tidak ada yang dapat mengarahkan serta memberi contoh dan menentukan apa yang seharusnya dikerjakan dalam organisasi tersebut. Begitu juga sebaliknya, tanpa adanya yang dipimpin, seorang pemimpin tidak akan bisa menjalankan roda organisasi tersebut.

Tujuan

Sebuah organisasi harus mempunyai tujuan yang jelas. Tujuan ini biasanya dapat berupa tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Apabila sebuah organisasi tidak memiliki tujuan yang jelas, maka organisasi tersebut tidak akan menjadi terarah dan tidak akan bisa menentukan apa yang seharusnya dikerjakan.

Posisi

Setiap organisasi biasanya membagi pekerjaan berdasarkan posisi yang ada di dalam organisasi tersebut. Ada pemimpin dan ada yang dipimpin, ada atasan dan ada bawahan. Seorang atasan biasanya memiliki beberapa bawahan lagi dan seterusnya. Misalnya, direktur utama memiliki bawahan seperti Direktur PDE, direktur pemasaran, direktor personalia dll. Di sisi lain, Direktur PDE memiliki bawahan seperti Manajer Operasional Komputer dan Database Administrator. Begitu juga dengan Manajer Operasi Komputer yang memiliki bawahan seperti Kepala Pengawas Data dan Kepala Perawatan Sistem, dst hingga pada posisi yang paling bawah.

Pekerja

Setiap orang didalam suatu organisasi memiliki perkerjaan sesuai dengan posisinya masing-masing. Setiap posisi tentunya memiliki tanggung jawab dan resiko terhadap pekerjaan sendiri-sendiri. Misalnya, Direktur utama mimiliki tanggung jawab yang berbeda dengan manajer operasional terhadap pekerjaan mereka.

Teknologi

Untuk mencapai tujuan, sebuah organisasi tentunya membutuhkan alat atau sarana yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Itulah yang menyebabkan mengapa sebuah organisasi harus ada teknologi, baik perangkat keras, perangkat lunak, maupun dari manusianya sendiri.

Struktur

Di dalam suatu organisasi biasanya terdiri dari beberapa orang. Setiap orang memiliki fungsi dan pekerjaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah struktur organisasi yang mengatur tanggung jawab dan hubungan dari masing-masing orang yang berada dalam organisasi tersebut untuk mencapai tujuan organisasi.

Lingkungan luar

Lingkungan luar adalah lingkungan diluar organisasi yang biasanya menentukan keberhasilan suatu organisasi. Sebuah organisasi yang mampu berinteraksi dengan baik terhadap lingkungan luar, biasanya akan dapat mengembangkan organisasi dengan cepat. Namun, perlu diperhatikan bahwa terdapat banyak pengaruh yang kurang baik pula terhadap sebuah organisasi dari lingkungan luar tersebut. Oleh karena itu, sebuah organisasi harus dapat memilah dan memilih pengaruh-pengaruh yang datang dari lingkungan luar tersebut.

Di dalam suatu organisasi yang besar, pekerjaan besar dibagi menjadi kelompok-kelompok yang setiap kelompoknya menangani bagian dari aktifitas organisasi tersebut. Departementalisasi merupakan istilah yang digunakan untuk melakukan pengelompokan pkerjaan kedalam beberapa departemen. Suatu organisasi biasanya melakukan pengelompokan berdasarkan fungsional kerja teritorial, produk, ataupun pelanggan.

sumber: Buku Sistem Aplikasi Konsep dan Aplikasi
penulis: Agus Mulyanto

Share this

0 Comment to "Organisasi Dan Sistem Informasi"

Posting Komentar